Orthetrum chrysis (Capung Sambar Perut Kait)

Orthetrum chrysis atau Capung Sambar Perut Kait adalah salah satu spesies capung yang memiliki ciri tubuh hitam pucat dan perutnya kemerahan.

Seperti jenis capung lainnya, tubuh Orthetrum chrysis memiliki beberapa keunikan. Bagian kepala capung hampir semuanya merupakan mata yang membuatnya memiliki sudut pandang hingga hampir 360 derajat. Sehingga yang tidak bisa dilihat oleh capung hanya yang ada tepat di belakang mereka.

Persebaran capung jenis ini paling banyak di Asia Tenggara dan India. Habitatnya tersebar luas meliputi hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis, sabana kering, sabana lembab, semak kering subtropis atau tropis, semak basah subtropis atau tropis, sungai, sungai terputus-putus, lahan basah yang didominasi semak, rawa, danau air tawar, danau air tawar berselang, rawa-rawa air tawar , rawa-rawa air tawar berselang, dan mata air tawar.

Orthetrum chrysis biasanya ditemukan terbang dan bertengger pada sekitar rawa-rawa, kolam, sawah dan bagian sungai dan aliran sungai yang tergenang. Orthetrum chrysis memangsa berbagai serangga terbang. Capung jantan dan betina dari spesies ini biasanya kawin di sekitar lahan basah sepanjang tahun.

Nah, sobat, capung dewasa tidak pernah dianggap sebagai pengganggu atau hama. Capung dewasa juga sebagai bioindikator lingkungan sehat. Semakin banyak capung yang hidup di suatu daerah, maka itu menunjukkan lingkungan yang bersih. Selain itu, ini menunjukkan bahwa air di lingkungan tersebut bersih dan bebas polusi.

 

Referensi:

Diposting oleh: Admin Web, 10 Oct 2023

Media Sosial


Statistik Pengunjung

  • Pengunjung Hari Ini: 15
  • Pengunjung Kemarin: 27
  • Total Pengunjung: 68654