A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: judul

Filename: news/view_detail.php

Line Number: 2

Backtrace:

File: C:\xampp\htdocs\application\views\news\view_detail.php
Line: 2
Function: _error_handler

File: C:\xampp\htdocs\application\controllers\web\User.php
Line: 353
Function: view

File: C:\xampp\htdocs\index.php
Line: 292
Function: require_once

Taman Nasional Kelimutu

Fumarol Mutubusa 

Fumarol (Latin fumus, asap) merupakan lubang di dalam kerak bumi yang sering terdapat di sekitar gunung berapi, umumnya mengeluarkan uap dan gas seperti karbon dioksida, sulfur dioksida, asam hidroklorik, dan hidrogen sulfida. 

Fumarol lazimnya terdapat di sepanjang retakan kecil maupun retakan yang panjang, di lapangan terbuka, dan di permukaan aliran lava serta endapan aliran piroklastik.  

Ditinjau dari perspektif air tanah, maka fumarol dapat dideskripsikan sebagai mata air panas yang menghasilkan air mendidih (uap air) sebelum air mencapai permukaan tanah. Jika lubang fumarol ini terletak di dasar laut atau bawah laut maka akan mengeluarkan gelembung-gelembung berupa gas dan uap air. 

Di Desa Sokoria salah satu kawasan sekitar TN Kelimutu juga terdapat fumarol. Jika ke Desa Sokoria Mutubusa pasti akan melihat seperti apa Fumarol itu. 

Meski Fumarol hanya berupa uap air, fumarol memiliki kadar karbondioksida (CO2) yang tinggi dan berbahaya jika dihirup secara berlebihan. Juga, fumarol sebenarnya dikenal sebagai lubang atau retakan pada gunung berapi yang mengeluarkan uap air dan gas sulfur dioksida, hidrogen sulfida dan karbon dioksida. 

(Thy)

Media Sosial


Statistik Pengunjung

  • Pengunjung Hari Ini: 63
  • Pengunjung Kemarin: 75
  • Total Pengunjung: 78556