A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: judul

Filename: news/view_detail.php

Line Number: 2

Backtrace:

File: C:\xampp\htdocs\application\views\news\view_detail.php
Line: 2
Function: _error_handler

File: C:\xampp\htdocs\application\controllers\web\User.php
Line: 353
Function: view

File: C:\xampp\htdocs\index.php
Line: 292
Function: require_once

Taman Nasional Kelimutu

Peresmian Gapelta Fishing Pool & Rest Area

Taman Nasional Kelimutu bersama Kelompok Tani Gapelta pada hari Kamis (14/01/2020) melaksanakan peresmian Tempat Pemancingan Gapelta (Gapelta Fishing Pool) dan Rest Area yang merupakan bantuan pemberdayaan masyarakat tahun 2020 kepada Kelompok Tani Gapelta. Acara peresmian ini dihadiri oleh Kepala Balai TN Kelimutu, Kepala Seksi PTN Wilayah II Detusoko, Kepala Desa Wologai, Ketua Kelompok Gapelta (Gabungan Petani Ekoleta) serta anggota dan staf TN Kelimutu.

Kepala Balai TN Kelimutu, Agus Sitepu sangat mengapresasi dibukanya Gapelta Fishing Pool & Rest Area ini  yang akan menambah  lokasi tempat rekreasi di sekitar Kelimutu.  Kepala Balai TN Kelimutu mengatakan “Pengembangan site wisata ini selain menjadi tempat rekreasi juga bisa mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat sebagai kontribusi sosial alternatif untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,”. Perlu diketahui, Gapelta merupakan kelompok tani binaan TN Kelimutu yang mendapatkan bantuan pemberdayaan sejak tahun 2018, dimana pada tahun 2018 telah mendapatkan bantuan berupa pembuatan saung, kios pedagang, serta pembuatan gardu pandang sebagai spot berfoto yang menarik. Selanjutnya untuk meningkatkan minat wisatawan yang singgah ke rest area gapelta serta peningkatan fasilitas, maka pada tahun 2020 diberikan bantuan pemberdayaan berupa pembuatan kolam pancing sejumlah 3 kolam, pemberian bibit ikan lele, ikan nila dan ikan kapel sebanyak +-4000 ekor ikan serta pemberian alat pendukung lainnya berupa pancing, jaring dan lain lain.

Konsep pembangunan saung, kios dan kolam pemancingan ini adalah sebagai rest area para wisatawan sebelum atau setelah berwisata ke kawasan TN Kelimutu, ataupun para wisatawan juga dapat sengaja datang dengan meluangkan waktu bagi yang memiliki hobi memancing. Diharapkan wisatawan yang datang mampu membantu peningkatan ekonomi masyarakat dan dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi kelompok tani Gapelta ini terutama pada pandemi Covid-19.

Media Sosial


Statistik Pengunjung

  • Pengunjung Hari Ini: 62
  • Pengunjung Kemarin: 75
  • Total Pengunjung: 78555