Kewaspadaan Cuaca Ekstrem di Nusa Tenggara Timur

Sobat Kelimutu, saat ini sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Timur telah memasuki musim hujan dengan puncak musim hujan terjadi pada bulan Januari. Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang menginformasikan bahwa wilayah Nusa Tenggara Timur berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada periode 23 s.d. 28 Januari 2024.

Press Realese Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Eltari BMKG menjelaskan potensi cuaca ekstrem tersebut karena adanya bibit siklon tropis 99S di Daratan Australia bagian utara membentuk daerah belokan dan pertemuan angin di wilayah Nusa Tenggara Timur. Kondisi dinamika atmosfer juga menunjukkan hangatnya suhu permukaan laut dan kelembapan yang cukup basah di tiap lapisan atmosfer yang mengindikasikan pasokan uap air di wilayah Nusa Tenggara Timur cukup signifikan yang mendukung terjadinya peningkatan pertumbuhan awan hujan yang cukup intens.

Lebih lanjut, potensi cuaca ekstrem tersebut perlu diantisipasi dampaknya seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, pohon tumbang, jalanan licin, rusaknya atap bangunan, faslitas umum lainnya dan sambaran petir. Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing hendaknya waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat hujan dengan durasi panjang.

Berdasarkan informasi tersebut, Kami menghimbau agar Sobat Kelimutu yang berencana berkunjung atau berwisata ke TN Kelimutu untuk berhati-hati dan selalu waspada. Utamakan keselamatan diri anda dan jangan sungkan untuk menghubungi petugas apabila menemui kendala saat berwisata.

Stay safe everyone!

Media Sosial


Statistik Pengunjung

  • Pengunjung Hari Ini: 43
  • Pengunjung Kemarin: 126
  • Total Pengunjung: 76481