Cari disini

Anggrek Bambu (Arundina graminifolia)

Anggrek bambu adalah salah satu spesies anggrek yang memiliki bahasa Latin Arundina graminifolia dan merupakan genus tunggal dari Arundina.

 

Anggrek Bambu merupakan jenis anggrek tanah dengan tinggi 1 hingga 2,5 m. Daun Anggrek Bambu berbentuk pita, dengan panjang sekitar 15 – 30 cm dan lebar ¾ - 2 ½ cm. Bunganya berupa tandan, dengan panjang 40 cm, terdiri dari 5 hingga 15 kuntum bunga. Mahkota bunganya berwarna merah, pink atau putih.

 

Anggrek Bambu tumbuh pada tempat terbuka, di padang rumput, lereng, dan di... selengkapnya

Diposting oleh: Admin Web, 30 Aug 2023

Srigunting Walacea

Srigunting Walacea (Dicrurus densus) berukuran tubuh sedang, kurang lebih 27-28 cm. Srigunting berwarna ungu mengkilap hijau dengan ekor cukup panjang dan berbentuk seperti gunting. Ujung ekornya melengkung dan bulu ekor bagian tengah lebih pendek dibanding bulu ekor bagian tepi.

 

Srigunting adalah burung endemik pulau Sumbawa, pulau Flores, hingga Pulau Alor. Habitatnya adalah hutan dan pinggiran hutan.

 

Di kawasan Taman Nasional Kelimutu, Srigunting sering dijumpai terutama pada areal yang cukup terbuka. Di areal wisata dapat dijumpai se... selengkapnya

Diposting oleh: Admin Web, 28 Aug 2023

Pere Konde, Pintu Gerbang Arwah di Kelimutu

Halo Sobat Kelimutu….

 

Yuk kita berkenalan dengan salah satu situs budaya yang ada di Kelimutu, yaitu Pere Konde.

 

Situs ini berupa sebuah batu besar yang menyerupai pintu makam kuno. Sobat Kelimutu dapat dengan mudah melihat Pere Konde ketika memasuki kawasan hutan padat selepas pos penjagaan menuju areal parkir Danau Kelimutu.

 

Pere Konde, dipercayai oleh masyarakat Suku Lio yang ada di sekitar kawasan Taman Nasional Kelimutu sebagai pintu masuk bagi setiap arwah menuju keabadiannya pada ketiga kawah dana... selengkapnya

Diposting oleh: Admin Web, 26 Jul 2023

Wunu Mbaka (Daun Sintrong)

Sobat Kelimutu yang belum mengetahui, pasti akan menganggap tumbuhan ini hanya tumbuhan liar biasa. Padahal Wunu Mbaka sebenarnya bisa dimakan loh Sobat. Rasanya segar mirip daun mint dan sangat cocok untuk dijadikan lalapan.

 

Selain enak dimakan, ternyata Wunu Mbaka kaya akan kandungan senyawa dan nutrisi yang berguna untuk menunjang kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

 

Senyawa yang terkandung dalam Wunu Mbaka antara lain polifenol, saponin, flavonoida dan minyak astiri. Wunu Mbaka juga kay... selengkapnya

Diposting oleh: Admin Web, 24 Jul 2023

Tumbuhan obat bernilai tinggi, Sarcandra glabra

Sarcandra glabra (Thunb.) Nakai adalah tumbuhan herba yang  termasuk dalam genus Sarcandra dari family Chloranthaceae. 

Tumbuhan yang sering disebut bunga sembilan simpul dan teratai rajutan tulang ini memiliki persebaran yang luas di China, Jepang, Korea, and Asia Tenggara.

Sarcandra glabra memiliki tinggi sekitar 50-120 cm. Batangnya tegak dan biasanya bercabang. Daunnya berlawanan dan kasar di kedua permukaan. Helai daunnya elips atau bulat telur dengan panjang sekitar 6-17 cm dan lebar 2-6 cm. Tepi daun bergeri... selengkapnya

Diposting oleh: Admin Web, 21 Jul 2023

Bunga Penghias Danau Kelimutu, Rhododendron renchianum

Rhododendron merupakan salah satu marga pada tumbuhan yang telah dikenal luas karena memiliki bunga yang indah (Gibbs et al (2011). Negara Nepal bahkan menjadikan bunga Rhododendron sebagai salah satu bunga nasional karena keindahannya.

 

Indonesia memiliki 230 jenis Rhododendron anggota anak marga Vireya (Membrasar et al, 2019). Salah satunya adalah Rhododendron

renschianum yang merupakan tumbuhan endemik Flores dengan nama daerah Turuwara.

 

Rhododendron renschianum merup... selengkapnya

Diposting oleh: Admin Web, 20 Jul 2023